Latest Products

Mouse move on Image to zoom

Generator Van De Graff Mini

Rp5,700,000
Qty:

Generator Van de Graff adalah piranti yang dapat membawa muatan ke sebuah konduktor berbentuk kubah untuk membangkitkan sebuah tegangan elektrostatik yang dapat mencapai beberapa juta volt. Sabuk isolator, terbuat dari sutera atau karet, akan lewat di dekat sebuah sumber muatan sebesar beberapa kilovolt, dan sumber ini menyebarkan muatan pada sabuk. Sabuk digerakkan oleh dua buah katrol. Pada saat muatan dibawa ke sebuah kubah metal dengan diameter kira-kira satu meter, sebuah sikat logam akan menghisap muatan-muatan ini.

Langkah demikian mungkin terjadi karena menurut contoh sebelumnya, medan pada sebuah lubang di dalam konduktor adalah nol. Meskipun dalam kasus ini logam tidak seluruhnya tertutup, medan di dalamnya sangat lemah. Karena muatan tidak dapat muncul di dalam sebuah konduktor, penangkapan oleh sikat tersebut dengan cepat akan keluar dari kubah logam. Pada saat muatan di bangkitkan, tegangan juga meningkat. Sebuah kubah dengan diameter kira-kira satu meter dapat mencapai tegangan beberapa juta volt. Batasnya adalah kegagalan udara di bawah medan elektromagnetik intens yang dihasilkan.

Generator Van de Graff yang besar digunakan untuk mempercepat partikel bermuatan dalam penelitian fisika nuklir. Miniatur generator Van de Graff juga digunakan dalam instrumen berskala kecil untuk menghasilkan tegangan tinggi yang diperlukan untuk membangkitkan netron. Salah satu instrumennya adalah "Nuclear Logging Sonde".

Dalam sebuah peralatan batang netron, Generator Van de Graff menghasilkan tegangan tinggi untuk mempercepat partikel bermuatan deutrium. Netron-netron dihasilkan ketika partikel-partikel ini memborbardir sebuah sasaran tritium. Ketika peralatan batang diturunkan ke dalam sumur minyak, netron-netron ini diserap oleh susunan batuan di sekitarnya. Penyerapan ini membangkitkan sinar gamma, yang dideteksi oleh detektor sinar gamma yang dipasang pada peralatan. Susunan batuan menyerap netron-netron dengan cepat bila susunan batuan tersebut mengandung air garam. Jika batuan tersebut mengandung minyak, penyerapannya akan lambat. Oleh karena itu, dengan mengukur tingkat penurunan dari intensitas sinar gamma, seseorang dapat mengatakan apakah peralatan tersebut berada di dalam sebuah daerah yang mengandung minyak atau berada di dalam daerah yang mengandung air.

Daftar Pustaka:

D. A. Bronley, "The development of electrostatic accelerators," Nuclear Instrument and Methods 122 (1974): 1-34. D.W. Hilchie, "Neutron lifetime log," Log Review 1, Bagian 11 (Houston: Dresser-Atlas, 1974).

  • Availability: 1
  • Model: GVD-1
  • Manufacturer: Tokoteknologi

Write Review

Note: HTML is not translated!

Powered by Abantecart eCommerce Solution